In Random Thoughts Science

Langkah Kecil Untuk si Rimba

Selamat memasuki jam-jam kritis berpuasa semuanya. Semoga puasa hari ini berjalan dengan lancar, aman, dan sentosa. Hari ini gue mau ngasih tau betapa gue sebel banget sama orang yang memakai tissue berlebihan. Ya, gue sangat sensitif akan hal ini. 


Bisa dibilang gue pecinta tissue. Maniak tissue. Atau apalah itu sebutannya. Gue sangat tidak bisa hidup tanpa tissue. Barang yang paling nggak boleh ketinggalan untuk persiapan jalan-jalan, bukan handphone bukan dompet, tapi tissue. Gue gak tau bakal gimana kalau nggak ada tissue, khususnya toilet-tissue. Walaupun tentu saja sebagian besar tempat pasti menyediakan tissue, tapi i don't feel like using public tissue. Kecuali kalau kepepet banget ya. Dan tidak sedikit orang-orang menilai gue "ih sok bersih banget sih, banyak gaya lo!" 

Selain penggila tissue gue juga sangat gila kebersihan dan kerapihan. Ngeselin banget kan, bagi sebagian orang.

Ya. Kembali ke topik awal. "Memakai tissue belebih"

Sering kali gue ngeliat adik menggunakan tissue berlebih. Dan emang, gue selalu stock tissue di kamar, kamar mandi, dan sebagian tempat di sisi rumah. Satu dua kali dibiarkan aja dia memakai tissue kebanyakan, tapi lama kelamaan gue jadi sebel sendiri dan akhirnya gue meledak dan meneriaki dia yang tidak berdosa, berdosa sih karena memakai tissue berlebihan. "KALAU PAKE TISSUE GAK USAH BANYAK-BANYAK! SECUKUPNYA AJA! BUANG-BUANG POHON AJA!"

NAHLOH. 

Ups. Keceplosan dan tiba-tiba hening diantara kita. Tiba-tiba adik gue memecahkan keheningan diantara kita dengan kata-katanya yang tidak berdosa 'loh kan yang lebih sering pake tissue itu kakak? Mestinya kakak dong yang buang-buang pohon?'
Makasih, dik. Telah mengingatkanku akan betapa borosnya diri gue ketika berhadapan dengan tissue?!@##$#%$#@#% tapi kamu juga termasuk boros kok, adikku tersayang. (anaknya tetep gak mau disalahin)

Nah dari sini gue cuma pengen kasih tau, jangan muluk-muluk memakai tissue seperti gue ya karena sesungguhnya tissue terbuat dari bahan baku kulit kayu yang dijadikan pulp (bubur kertas). Dan pastinya kayu didapat dari penebahan pohon-pohon di hutan. 

Fun Fact ternyata penggunaan tissue berlebihan --> menebang pohon --> global warming. Ternyata selain menambah kerusakan hutan bisa bikin global warming ya? Jawabannya iya. 

CATATAN PENTING untuk kita semua: 
1 pohon berumur 6 tahun hanya bisa menghasilkan 40 lembar tissue, tapi bayangkan berapa banyak orang yang memakai tissue di dunia ini? Kalau kita alihkan/mengurangi jumlah pemakaian tissue satu pohon berumur 6 tahun itu bisa mengkasilkan O2 yang bisa menghidupi 3 orang di dunia ini. 


Nah yuk kita menjaga lingkungan mulai dari cara kecil seperti ini, walaupun untuk gue juga sangat sulit karena gue penggila tissue tapi apa salahnya untuk mencoba hal yang positif?

Related Articles

0 comments:

Post a Comment