In Science

Antimateri sang Partikel Tuhan

Pembahasan yang menarik perhatian saya saat ini adalah tentang Antimateri. Sebenarnya apa sih antimateri? kok nggak pernah kedengeran ya? sebelumnya, ada yang baca Angels & Demons nya Dan Brown? ingat kah bahwa antimateri bisa meledakkan gereja di Vatikan? nah kita akan membahas tetang anti materi di bawah ini


Pengertian Anti-materi

"Partikel anti-materi adalah partikel sub-atom dengan sifat berlawanan dari partikel materi normal." sebagai contoh, jika materinya adalah hidrogen, maka antimaterinya adalah antihidrogen. 


Energi yang dihasilkan anti materi

Para ilmuwan percaya, jika partikel anti materi direaksikan dengan materi akan menghasilkan energi yang sangat besar, sebanding dengan 2 bom atom yang mengebom Hiroshima. Besar sekali bukan? 

Sejarah Anti-materi


Paul Dirac, seorang fisikawan saat itu membuat persamaan yang terdiri dari gabungan antara teori "Relativitas" Einstein dalam persamaannya yang terkenal E = mc2 dan "Mekanika Kuantum" Erwin Schrodinger dan Werner Heisenberg. maksud dari persamaan nya diatas, "setiap partikel yang ada memiliki antipartikel, partikel yang sama persis tetapi memiliki charge yang berlawanan."

Akhirnya para ilmuan di lab meneruskan penelitian tersebut, sehingga menemukan men menciptakan ulang partikel anti-materi; positrons (elektron bermuatan positif), anti-protons (proton yang bermuatan negative) dan 
pada tahun 2010, CERN mengumumkan mereka berhasil membuat dan mengioslasi antimateri. 

Alat Penyimpanan Anti-materi

Tentu saja seperti yang dikatakan Vittoria dalam buku Angels & Demons, "antimateri harus disimpan dalam ruang hampa seperti tabung;mengingat ukurannya yang kecil. dan tidak boleh menyentuh dinding tabung tsb karena bisa bahaya." 


gambar diatas adalah Giant Atom Smasher. Alat pembuat Anti-materi.


Related Articles

0 comments:

Post a Comment